Ladang Hijau

Beranda » Penelitian Santosa » Menyiram Tanaman Di Pagi Hari Lebih Baik

Menyiram Tanaman Di Pagi Hari Lebih Baik

Arsip

Kategori

Aku berasal dari keluarga pedagang, kakek dari ibu berasal dari keluarga nelayan dan pedagang, dan dari kakek pihak bapakku berasal dari keluarga pertanian. Namun entah mengapa aku justru lebih suka dengan dunia tanam-menanam? Mungkin teori “sifat lama kembali muncul” itu berlaku pada diriku.

Suatu sore aku sedang menyiram bunga dan tanaman hias di pelataran rumahku, tiba-tiba ada yang mengagetkanku “Dear!” Oh ternyata dia temanku dari komunitas Ikatan Remaja Masjid Baaburruhmah. Dia adalah Muhammad Zakiyuddin Bin Haji Ikhtar, seorang mahasiswa tingkat II dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Dari perbincangan yang cukup lama, dia menyarankan bahwa menyiram tanaman di pagi hari itu akan jauh lebih baik dibandingkan menyiram tanaman di sore hari.

  Lantas aku tidak langsung percaya padanya secara penuh, aku baru percaya sekitar 35% saja. Karena aku belum membuktikannya secara penuh. Aku tetap menyiram tanaman di sore hari, namun setelah aku perhatikan selama beberapa hari, aku lihat di dalam pot tanaman hiasku terlihat kadar airnya terlalu basah dan sangat menggangu kelembaban di dalam pot yang mana hal itu sangat mempengaruhi laju transportasi pergantian udara di dalam tanah. Aku berfikir, mungkin ini ada benarnya juga omongan dari sahabatku itu. Tapi entah mengapa saat dia menjelaskan alasannya bahwa “menyiram tanaman di pagi hari itu lebih baik” aku lupa dia mengatakannya apa. Hingga aku coba buktikan segala argumennya itu dengan pengamatan yang aku lakukan akhir-akhir ini.

Di malam hari di daerahku (Cirebon) laju angin sangat cepat, terutama di saat musim kemarau. Angin di daerah kami dikenal dengan nama angin kumbang, ada manfaat dan kekurangganya tentang angin kumbang itu. salah satu manfaatnya sebagai pembantu untuk penyerbukan bunga pohon mangga, karena kupu-kupu, belalang, tawon, enggan untuk membantu penyerbukan bunga mangga yang terlihat tidak menarik itu.Kekurangan dari angin kumbang akan aku jelaskan segera.

Suatu hari aku berkunjung ke rumah nenekku di daerah yang dikenal dengan sebutan “Watukruyu”, desa itu sangat jauh dari suasana perkotaan yang super sibuk. Disana adalah tanah hijau yang sangat cocok untuk daerah pertanaman, sungainya pun sangat asri. Aku melihat beberapa petani tanaman kangkung, ubi dan tanaman pala lainnya, mereka menyiram tanah pertaniannya di pagi hari dan pada saat sore hari mereka kembali pulang. Hal itu menjadi semakin membuatku penasaran, lebih baik manakah menyiram tanaman di pagi hari atau di sore hari sebenarnya? Namun sayang sekali aku tak sempat untuk menanyakan kepada para petani itu, apa alasan mereka menyiram tanaman mereka di pagi hari bukan di sore hari.

Lepas pulang dari rumah nenek, aku merasaletih hingga aku tak sempat menyirami tanamanku di belakang rumah. Aku niatkan untuk menyiramnya di pagi hari nanti. Esok menjelang aku berbegas ke belakang rumah sambil membawa ember yang biasa aku bawa untuk menyiram semua tanaman yang ada di kebunku. Aku menyiraminya dengan porsi yang sama, seperti menyiram saat di sore hari waktu kemarin. Setelah keesokan harinya, ternyata aku menemui perbedaan yang jelas, antara menyiram tanaman di pagi hari dan sore hari pada hari pertama. Beberapa hari setelahnya aku crosscek dengan kesimpulan yang diantaranya adalah beberapa kelebihan menyiram tanaman di pagi hari :

  1. Air jauh lebih hemat dalam hal penguapan, penyiraman yang dilakukan di sore hari kurang diserap secara maksimal oleh tanaman dan seringnya terbawa oleh arus angin di malam hari.
  2. Pengendapan air di dalam pot yang terlalu di dalam tanah justru akan membuat kondisi tanah dalam pot menjadi sangat lembab dan itu tidak bagus untuk pertumbuhan akar.
  3. Penyiraman di pagi hari dapat dijadikan sebagai olahraga yang baik untuk kesehatan.
  4. Proses penguapan untuk proses fotosintesis jauh lebih sempurna, terlihat dari pertumbuhan daun-daun yang baru bermunculan.

Kesimpulan yang dapat kita ambil adalah, bahwa menyiram tanaman di pagi hari memuat banyak faedah dibandingkan menyiram tanaman di sore hari. Semoga bermanfaat_


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: