Ladang Hijau

Beranda » Tips-tips » Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat

Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat

Arsip

Kategori

Penampilan adalah persiapan awal sebelum kita masuk ke dalam ranah sosial, meskipun penampilan bukan segala-galanya bagi aktivitas kita sebagai makhluk sosial. Namun sebagian besar masyarakat kita, menganggap bahwa penampilan adalah faktor pertama kita dalam menraik hati orang lain dalam unjuk diri kita di publik. Ketika wajah kita yang dulu mulus, tanpa jerawat kini tiba-tiba menjadi berjerawat. Seakan-akan kita merasa malu, atau turun tingkat kepercayaan diri kita ketika hendak berhadap-hadapan dengan lawan jenis kita. Bagi mereka yang belum pernah mengalami jerawatan, hendaknya tetap terus merawat wajah. Agar wajahnya tak mengalami gejala jerawat yang menakutkan kita. Bagi mereka yang sudah terlanjur berjerawat dan sampai saat ini belum juga terbebas dari jerawatnya, berikut Santosa berikan tips-tips untuk merawat wajah agar kuliat wajah kita senantiasa tak mengalami jerawatan yang menahun ;

  1. Jangan terlalu memikirkan kekasih kita secara berlebihan, pada posisi ini pikiran kita berada dalam kegalauan. Artinya jika kita sedang dalam pertangkaran atau sejenisnya memiliki masalah, segera untuk diselesaikan jangan menunggu terlalu lama. Karena kita bisa mengalami stress yang temporal, artinya stress tersebut mempengaruhi semua sistem ketenangan kita. Hingga akhirnya kita menjadi melupakan perawatan keseharian kita.
  2. Bagi mereka yang mudah berkeringat, usahakan tidak memakai masker dalam posisi tidur di malam hari. Karena pada kondisi pori-pori kulit wajah kita tidak akan mendapatkan nutrisi oksigen atau dengan kata lain, kelembaban kulit wajah kita menjadi berlebihan. Itu artinya kuman-kuman akan sangat mudah berkembang di daerah tersebut, jadi secara temporal juga hal tersebut dapat mengakibatkan wajah kita menjadi berjerawat.
  3. Usahakan tangan kita tidak jorok, atau seringnya kita memegang wajah kita. Entah itu sekedar memegang jerawat kita yang tak kunjung juga bersih atau hanya sekedar menempel dalam jangka waktu yang berkelanjutan. Karena tangan kita tak sepenuhnya bersih dari kuman, meskipun tangan kita sudah di cuci dengan sabun. Kuman lebih banyak berada di tangan, jadi jika sering mengutak-atik wajah kita dengan tangan kita itu sama saja artinya dengan mentransmigrasikan kuman-kuman yang berada di tangan menuju kulit wajah kita. Sehingga wajah kita yang super sensitif itu menjadi sangat mudah berjerawat.
  4. Bagi mereka yang memiliki kulit wajah yang sangat sensitif, hendaknya tidak mencuci wajahnya dengan sabun. Mengapa? Karena sabun adalah pencuci kulit tangan. Pakailah sabun khusus untuk membersihkan kulit dari minyak yang berasal dari keringat.
  5. Disarankan pada saat kita mencuci wajah, seringkali kita membasuh wajah kita dengan busa sabun lalu menggosoknya ke wajah kita. Itu adalah kesalahan yang fatal bagi mereka yang memiliki kulit wajah yang sensitif. Karena jika hal tersebut dilakukan, maka ketebalan kulit wajah kita berkurang meskipun kita anggap hal itu karena kulit wajah sel-sel itu mati. Padahal bukan sedemikian benarnya, bisa saja hal tersebut benar-benar kulit wajah kita yang belum saatnya terkelupas. Hingga akhirnya kulit wajah kita yang tipis mudah diserang oleh debu-debu yang mengandung kuman di jalanan.
  6. Bagi mereka yang memiliki wajah yang sangat sensitif terhadap sabun pencuci muka, cucilah tangan Anda hingga bersih dan terasa kesat. Lalu ambil air lalu bilaslah wajah Anda seperti kita mengambil air wudhu. Setelah itu tangan kita akan berminyak, karena minyak yang berada di wajah berpindah ke tangan kita. Ingat, busa sabun tidak boleh tersisa di tangan kita sebelum membasuh wajah kita dengan air yang murni. Ulangi hingga wajah Anda benar-benar terasa segar dan pastinya tidak berminyak lagi. Ingat wajah yang berminyak adalah awal dari tidak sehatnya pori-pori wajah kita, dan pada akhirnya udara yang tidak bersih serta membawa kuman itu bisa menempel di wajah kita dan siap menjadi sarang kuman dan timbul iritasi disertasi jerawat yang nantinya akan mengganggu performa kita di depan orang lain.
  7. Usahakan kita mengambil air wudhu bagi mereka yang beragama muslim, 7 kali setiap harinya. Artinya 5 kali setiap kali akan sholat,sebelum berangkat ke kampus/sekolah dan yang terakhir sebelum tidur. Insya Alloh wajah kita akan mulus tanpa harus memakai obat-obatan.
  8. Mengkonsumsi makanan yang berturisi tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran. Sayuran yang paling baik adalah daun seledri, karena didalamnya mengandung zat untuk menutrisi sel-sel agar tidak cepat tua dan tergantikan oleh sel lain. Itu artinya, jika kita terus-menerus mengkonsumsinya, tubuh kita tidak terlalu ‘capek’ dan akhirnya tubuh kita serasa awet muda meskipun umur kita telah menua. Menurut para pakar sejarah, bahwasanya Nabi Khidr yang terkenal dengan sebutannya ‘Nabi Sepanjang Zaman’ yang artinya hidup berumur panjang zaman dari Nabi Ibrahim hingga sebelum Nabi Muhammad itu sering mengkonsumsi seledri. Tak ada salahnya kita mencoba makanan yang biasa disantap oleh Nabi Kihdr itu bukan? Menurut sejumlah ahli bidang giji pun merekomendasikan bahwa seledri merupakan tanaman yang bermanfaat untuk menguatkan daya ingat dan daya pikir kita.
  9. Tidur secara teratur, agar frekuensi aliran suplai darah kita normal untuk ke seluruh anggota tubuh kita.
  10. Biasakan hidup sehat dengan meminum air putih 8 gelas/hari.
  11. Kurangi makanan instan, berlemak, dan mengandung santan

Semoga tipsnya bermanfaat.


4 Komentar

  1. kok jerawat c san
    yang lain ajah
    contoh nyh nurunin kolstrol
    trs makanan2 ap ajh yang merangsang kolstrol jadi tinggi

  2. ikhsan mengatakan:

    wa, trus cara yg bener cuci muka pake sabun gimana ?? ^-^

    • Ya itu tadi sannne, mencuci tangan dengan sabun. Ketika tangan kita sudah bersih dari busa sabun, maka ambil air lalu basuhkan ke wajah sambil mengusapnya (seperti membasuh muka dalam mengambil air wudhu) pasti tangan kita akan kembali berminyak. Karena minyak yang tadinya berada di wajah berpindah ke tangan secara berkala. Nah, kita cuci kembali tangan kita dengan sabun. Setalh bersih kembali tangan kita, ulangi langkah yang tadi secara bertahap hingga wajah kembali segar dan tak berminyak..
      Ingat, keadaan pada saat membasuh wajah tidak boleh berbusa (bersabun)πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: